JAM BUKA HARI INI

Minggu, 23 Juli 2017

Libur/Tutup


USD mLibrary

Aplikasi

LOGIN
Untuk perpanjangan masa pinjam dan informasi lainnya, silahkan login.
KUISIONER PENGGUNA
JAJAK PENDAPAT
Bagaimana Kelengkapan Koleksi Perpustakaan USD:

 
STATISTIK WEB
Visitors: 6880672 Org
Hits: 52761588 hits
Month: 7531 Users
Today: 674 Users
Online: 14 Users
Stat. Web: Klik

PROFIL PERPUSTAKAAN USD

 

SEKILAS PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Universitas Sanata Dharma terdiri dari dua unit perpustakaan yaitu Perpustakaan Kampus Mrican dan Perpustakaan Kampus Paingan yang dikelola secara sentralisasi. Perpustakaan kampus Mrican merupakan perpustakaan Pusat, yang terdiri dari 4 lantai, sedangkan Perpustakaan Kampus Paingan merupakan perpustakaan cabang, yang terdiri dari 2 lantai dan berkonsentrasi pada pelayanan pengguna bagi sivitas akademika USD yang berada di Kampus Paingan. Perpustakaan Mrican dan Paingan dihubungkan dengan jaringan komputer untuk dapat melayani penggunanya secara online. Sistem layanan yang digunakan adalah "sistem terbuka", dimana pengguna dapat memilih dan mencari sendiri koleksi yang diinginkan.


SEJARAH PERPUSTAKAAN

Sumber tulisan sejarah Universitas Sanata Dharma yang dapat diper-caya, yang dituliskan di dalam Renstra Universitas Sanata Dharma (USD) 2003-2007, Renstra USD 2008-2012 maupun Renstra USD 2013-2017 tidak dapat ditemukan pernyataan yang menyebut waktu pendirian Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (PUSD). Dengan demikian tentu saja tidak mudah menemukan kapan PUSD didirikan. Tanggal 17 Desember 1955 adalah hari lahir USD, yang pada waktu itu memiliki nama resmi Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Sanata Dharma, yang kemudian berkembang menjadi semakin besar sebagai Univesitas Sanata Dharma. (lihat Renstra USD 2003-2007, 2008-20012, dan 2013-2017).

Berdasarkan sumber yang sangat dapat dipercaya, serta berdasarkan fakta maupun data yang ada, salah satu tokoh pendiri lembaga pendidikan yang saat ini bernama Universitas Sanata Dharma adalah Pater Wilhelmus van der Meulen, S.J. Beliaulah yang merintis Perpustakaan Universitas Sanata Dharma dan sekaligus mengepalainya sejak semula PUSD ini ada. Dengan demikian jika dikaitkan dengan sejarah USD, yang salah satu tokoh pendirinya adalah Pater Wilhelmus van der Meulen, S.J. maka dapat dipastikan bahwa berdirinya Perpustakaan USD menjadi bagian dari berdirinya USD. Namun demikian, fakta sejarah USD yang dapat dibaca dalam sumber-sumber yang disebutkan di atas tidak secara jelas mengatakan tanggal didirikannya PUSD.

Di masa kini PUSD merasa perlu untuk memiliki tanggal tertentu yang ditetapkan sebagai tanggal kelahiran PUSD agar PUSD dapat mengenang dan melihat kembali perjalanannya setiap tahun. Pada tahun 2011, Prof Dr. Frans Susilo, SJ, Kepala Perpustakaan Universitas Sanata Dharma periode 1998 - 2011, menetapkan tanggal 15 Maret sebagai tanggal ulang tahun Perpustakaan USD. Tanggal 15 Maret sangat cocok ditetapkan sebagai tanggal ulang tahun Perpustakaan USD karena pada tanggal 15 Maret 1995 Gedung Perpustakaan USD diberkati oleh utusan diplomatik Tahta Suci Vatican Kardinal Pio Laghi.

Jika USD berdiri tanggal 17 Desember 1955 maka sangat masuk akal jika Pater Wihelmus van der Meulen, SJ, beberapa bulan ke depan merintis perpustakaan yang digunakan sebagai sarana belajar mengajar pada waktu itu. Beberapa bulan ke depan sejak 17 Desember 1955 berarti sudah memasuki tahun 1956. Dengan demikian PUSD ada setelah Universitas Sanata Dharma berdiri. Maka pemilihan tanggal 15 Maret dapat dipahami sebagai tanggal yang baik untuk ditetapkan sebagai tanggal ulang tahun PUSD karena pada tanggal 17 Desember (1955) USD didirikan. Jadi PUSD berulang tahun sesudah USD.

Atas dasar fakta-fakta tersebut maka Perpustakaan USD menetapkan bahwa tanggal 15 Maret adalah tanggal ulang tahun (Dies Natalis) Perpustakaan USD. Atas dasar sejarah berdirinya Universitas Sanata Dharma dan catatan para perintisnya maka Perpustakaan Universitas Sanata Dharma menetapkan bahwa pada tahun 2011, saat dipilih tanggal 15 Maret sebagai tanggal ulang tahun PUSD, umur PUSD adalah 55 tahun. Dengan demikian pada tahun 2014, PUSD telah berusia 58 tahun.

Secara rinci sejarah PUSD disajikan sebagai berikut:

  1. Tahun 1955 : Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Sanata Dharma berdiri.
  2. Tahun 1956 : Ditetapkan sebagai tahun dimulainya PUSD.
  3. Tahun 1958 : PTPG Sanata Dharma menjadi FKIP Sanata Dharma.
  4. Tahun 1965 : FKIP Sanata Dharma menjadi IKIP Sanata Dharma.
  5. Tahun 1993 : IKIP Sanata Dharma menjadi Universitas Sanata Dharma.
  6. Tahun 1995 : Perpustakaan USD menempati gedung baru di Kampus II Mrican dan mulai menggunakan katalog elektronik CDS/ISIS.
  7. Tahun 1996 : Basis data buku dan skripsi bisa diakses oleh semua fakultas dan jurusan melalui jaringan komputer. PUSD mulai membuka layanan ruang baca di Kampus III Paingan.
  8. Tahun 1999 : PUSD membuka layanan sirkulasi di Kampus III Paingan.
  9. Tahun 2000 : PUSD mulai menggunakan program NCI Bookman dan sistem barcode untuk layanan sirkulasi.
  10. Tahun 2001 : PUSD menerbitkan majalah "Info Persadha" yang terbit dua kali setahun.
  11. Tahun 2002 : PUSD memulai layanan indeks artikel online dari jurnal-jurnal ilmiah yang dilanggan.
  12. Tahun 2003 : Perpustakaan Kampus III Paingan menempati dua lantai di gedung Administrasi Pusat Kampus III Paingan yang baru selesai dibangun.
  13. Tahun 2005 : PUSD memulai layanan antar kampus USD (Mrican-Paingan). Program NCI Bookman disempurnakan dengan versi SQL yang terpadu antara bagian pengembangan, pengolahan, dan pelayanan koleksi.
  14. Tahun 2006 : PUSD meluncurkan website Perpustakaan.
  15. Tahun 2007 : PUSD memulai layanan skripsi digital secara online, menyediakan fasilitas hotspot, dan menggunakan pintu masuk elektronik.
  16. Tahun 2008 : PUSD mengembangkan koleksi muatan lokal digital, yaitu skripsi/tesis/disertasi, laporan penelitian dosen USD, dan jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh USD. Implementasi sistem manajemen mutu perpustakaan (ISO 9001:2000).
  17. Tahun 2009 : Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan SPARTA. Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
  18. Tahun 2011 : Sertifikasi Perpustakaan dari PNRI.
  19. Tahun 2011 : Penetapan Dies Natalis PUSD, 15 Maret.
  20. Tahun 2012 : Re-sertifikasi ISO 9001, PUSD memanfaatkan security gate.
  21. Tahun 2013 : Fasilitas Upload Tugas Akhir mandiri, Peminjaman Mandiri (Self Service), Pemanfaatan Bookdrop.

 

VISI - MISI

VISI

Menjadi penyedia informasi dan pengetahuan yang terpercaya, menyeluruh dan mendalam untuk menggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat.

MISI

  1. Menyediakan, mengelola dan mengembangkan sumber informasi yang aktual, lengkap, akurat dan mudah diakses untuk mendukung kegiatan Universitas Sanata Dharma dalam proses belajar mengajar, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi semangat magis.
  2. Menyediakan jasa layanan informasi bagi sivitas akademik Universitas Sanata Dharma yang berlandaskan pada semangat humanis.
  3. Merawat dan melestarikan sumber informasi yang merupakan kekayaan koleksi Perpustakaan Universitas Sanata Dharma.
  4. Meningkatkan kualitas perpustakaan secara terus-menerus serta tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.


KEBIJAKAN MUTU

Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (PUSD), sesuai dengan visi dan misinya, berkomitmen untuk secara konsisten menyediakan produk-produk berupa Sumber-Sumber Informasi, Penelusuran Informasi Digital dan Jasa Layanan guna memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada para penggunanya.

Peningkatan mutu produk di PUSD dilaksanakan secara berkesinam-bungan dan inovatif melalui pemantauan, pengukuran, pengendalian produk tidak sesuai, serta tindakan preventif dan korektif untuk menjamin dan meningkatkan mutu produk tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Peningkatan mutu sumber daya manusia di PUSD dilaksanakan melalui program-program kegiatan tahunan PUSD, studi lanjut, pelatihan, keikutsertaan dalam workshop, seminar dan lokakarya yang dapat meningkatkan kemampuan profesional staf PUSD sebagai pustakawan.

Selain peningkatan mutu produk dan sumber daya manusia, PUSD terbuka untuk mengembangkan Infrastruktur dan Lingkungan Kerja sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terbaru.

MEKANISME SOSIALIASI

Kebijakan Mutu PUSD disosialisasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh staf PUSD agar dipahami dan diwujudkan dalam pelaksanaan tugas-tugasnya demi tercapainya visi dan misi PUSD. Sosialisasi dan komunikasi Kebijakan Mutu dilakukan melalui rapat-rapat rutin staf, penempelan pada Papan Informasi Sistem Manajemen Mutu, Sistem Informasi Dokumen Mutu Perpustakaan, penayangan di website PUSD, mailing list PUSD pada saat ada peru-bahan Kebijakan Mutu.

MEKANISME PENINJAUAN ULANG

Kebijakan Mutu PUSD ditinjau ulang dan disahkan di dalam Rapat Tinjauan Manajemen yang dihadiri oleh Tim Manajemen Perpustakaan Universitas Sanata Dharma.

WAKTU PENINJAUAN ULANG

Kebijakan Mutu PUSD ditinjau ulang paling lama enam bulan setelah Renstra baru PUSD disahkan.

 

 

Kontak Person dan Alamat
Perpustakaan Universitas Sanata Dharma
Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta 55002
website: www.library.usd.ac.id
e-mail: library@usd.ac.id

Digital Library Link

on Facebook
on Twitter
on Youtube
Keatas